13 June 2016

Variabel dan Tipe Data Pada Bahasa Pemrograman Java

                                    

          Sama dengan bahasa pemrograman yang lain, di dalam java juga deikenal istilah variabel dan tipe data. variabel ini merupakan bagian memory yang berfungsi untuk menampung atau menyimpan data. Sebuah variabel harus ada dalam sebuah kelas atau metode, setiap variabel harus memiliki tipe data dan diberi nama yang unik, sehingga berbeda satu dengan yang lainnya. Variabel ini dapat diinisialisasikan dengan nilai awal dan nilai ini selanjutnya dapat berubah, sesuai dengan proses yang dilakukan.

          Aturan penulisan atau penamaan variabel pada java yaitu sama denga aturan penamaan kelas, namun pada anjuran konvensi terdapat modifikasi sebagai berikut :

1. Jika nama variabel hanya terdiri dari satu abjad atau satu kata, semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil.
   Contoh : "harga","jumlah","total"

2. Jika nama variabel terdiri dari dua kata atau lebih, maka kedua kata itu digabungkan. Huruf pertama dari kata pertama sebaiknya huruf kecil, sedangkan huruf pertama pada kata kedua dan kata berikutnya sebaiknya huruf kapital.
   Contoh : "jumlahKata", "hasilKaliDari"

      Sedangakan tipe data digunakan untuk pengalokasian memory untuk menyimpan nilai atau valuenya. Berdasarkan cara mengakses data, terdapat dua kategori tipe data pada java yaitu :

1. Tipe Data Primitif
    Pada saat kita mendeklarasikan variabel, sesungguhnya kita memesan sejumlah alamat memory sesuai dengan tipe data yang diinginkan. Bagian memory yang telah dipesan ini selanjutnya akan digunakan untuk menyimpan nilai data. Prinsip ini dinamkan tipe data primitif, yaitu variabel (yang pada hakikatnya merupakan alamat memory) mengandung nilai data yang dimaksud. Pada java, ada beberapa tipe data sebagai berikut :

 
Berikut Bentuk umum mendeklarasikan variabel bertipe data primitif :
 tipedata namaVariabel = nilaiAwal;
     int nilai = 10;

2.Tipe Data Referensi
    Pada tipe data referensi, deklarasi variabel juga dimaksudkan untuk memesan sejumlah alamat memory. Namun bagian memory ini bukan untuk menyimpan nilai data seperti pada tipe data primitif, melainkan untuk menyimpan pointer yang menunjuk ke alamat memory berikutnya yang berisi nilai data yang dimaksud. Pointer ini adalah bilangan yang menunjukkan alamat memory sebenarnya. Mekanisme penympanan objek di dalam memory juga menggunakan tipe data referensi.
Variabel yang menyimpan objek ini disebut sebagai variabel referensi objek.

    Contoh : NamaKelas variabelReferensiObjek = new NamaKelas();
          Pembagian hasilBagi = new Pembagian();

Oke, sekian artikel tentang variabel dan tipe data pada bahasa pemrograman java. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar pemrograman java.

Note : Tulisan ini di diambil dari berbagai sumber..
Variabel dan Tipe Data Pada Bahasa Pemrograman Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pratama Ridho