02 November 2016

Cara Membuat Notification dan Dialog serta Toast di Android

Halo temen-temen, bagaimana kabarnya..? pastinya sehat bukan. Seperti biasa temen-temen, lagi-lagi saya mendapatkan tugas kuliah tentang pembuatan aplikasi android. Setelah sebelumnya saya mendapatkan beberapa tugas seperti Mengkombinasikan RelativeLayout dan LinearLayout dan Penggunaan  Intent dan Webview di android, kali ini saya mendapatkan tugas yaitu :


Jadi saya membuat postingan ini karena saya hanya orang biasa yang sedang kuliah di jurusan IT yang berharap apa yang saya tulis ini dapat menjadi catatan untuk saya jika saya lupa dan juga semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk temen-temen yang sedang belajar membuat aplikasi android :). 

Berdasarkan tugas diatas, saya telah membuat aplikasi android sederhana yang memperlihatkan penggunaan dari Dialog, Notification dan juga Toast. Berikut screen shootnya :

 

Sebelum kita ke kode programnya, kita akan mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Notification, Dialog dan juga Toast.

1. Notification Bar adalah bagian informasi yang akan muncul atau sengaja dilihat dibuat nuncul selama class tersebut berjalan.

2. Dialog atau AlertDialog adalah jendela kecil atau popup yang muncul di depan layar aplikasi dan juga kita dapat memodifikkasi bagaimana muncul konformasi seperti (Yes Or No).

3. Toast adalah pesan text yang ditampilkan pada android dan juga memiliki fungsi untuk memberikan informasi dalam bentuk text.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Klik start a new Android Studio Project untuk membuat project android baru.
2. Kemudian Konfigurasikan penamaan aplikasi dan package.
3. Pada bagian penentuan build target, SDK minimum yang anda inginkan.
4. Pada saat pemilihan Add an activity to mobile, pilih blanck activity.
5. Pada choose optional for your new file, klik Finish.
6. lalu finish
7. Kemudian buka file activity_main.xml dan masukkan kode program berikut 


8. Buka content_main.xml dan masukkan kode program berikut

9. Lalu tambahkan kode program ini di file strings.xml


10. Sekarang kita ke file MainActivity.java dan masukkan kode program berikut



11. Terakhir, coba kita jalankan aplikasi yang telah kita buat.

Oke temen-temen cukup sampai disini dulu, jika temen-temen masih bingung bisa langsung tanyakan saja lewat kolom komentar. Sampai jumpa lagi di tugas-tugas saya selanjutnya dan terimakasih.

NOTE : karena dalam postingan ini saya tidak memberikan penjelasan yang detail tentang kode program yang dipakai, jadi di harapkan temen-temen bisa mengunjungi link-link berikut agar lebih jelas untuk memahaminya.


Cara Membuat Notification dan Dialog serta Toast di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pratama Ridho