24 October 2016

Cara Menggunakan RelativeLayout dan LinearLayout di Android Studio

Halo temen - temen,  Setelah kemarin saya mendapatkan tugas tentang Intent dan WebView, kali ini lagi - lagi saya mendapatkan tugas untuk belajar menggunakan Layout di android atau lebih jelasnya seperti ini :

Tugas :
1. Pelajari mengenai Layout

2. Buatlah Layout dengan beberapa view sebagai berikut :


3. Rangkuman, kode program (XML) dan screenshoot dikumpulkan tanggal 27 Oktober 2016

Jadi seperti itu tugasnya temen - temen, oke selanjutnya sebelum kita mulai coding lebih baik kita mengenal apa yang dimaksud dengan Layout itu sendiri.

Layout 
Layout digunakan untuk mendefinisikan struktur visual antarmuka pengguna. Seperti UI sebuah aktivitas atau widget aplikasi. Anda dapat mendeklarasikan layout dengan dua cara :

1. Deklarasikan elemen UI dalam XML. Android menyediakan sebuah kosakata XML sederhana yang sesuai dengan kelas dan subkelas View, seperti halnya untuk widget dan layout.

2. Buat instance elemen layout saat runtime. Aplikasi Anda bisa membuat objek View dan VIewgroup (dan memanipulasi propertinya) lewat program.

Keuntungan mendeklarasikan UI dalam XML adalah karena hal ini memungkinkan Anda memisahkan penampilan aplikasi dari kode yang mengontrol perilakunya dengan lebih baik. Keterangan UI Anda bersifat eksternal bagi kode aplikasi Anda, yang berarti bahwa Anda bisa memodifikasi atau menyesuaikannya tanpa harus memodifikasi dan mengompilasi ulang kode sumber. Misalnya, Anda bisa membuat layout XML untuk berbagai orientasi layar, berbagai ukuran layar perangkat, dan berbagai bahasa. Selain itu, mendeklarasikan layout dalam XML akan mempermudah Anda memvisualisasikan struktur UI, sehingga lebih mudah menurut masalahnya.

Dibawah ini adalah beberapa tipe layout yang umum dibuat dalam platform android :



Sekarang kita lanjutkan dengan coding XMLnya untuk membuat tampilan view seperti tugas diatas, disini saya menggunakan Android Studio 2.2, setelah itu kita lanjutkan dengan membuat sebuah project baru >> lalu kita buka file activity_main.xml dan saatnya kita desain tampilannya.

berikut kode program XMLnya :







Note : untuk Spinner di bagian atribut android:entries="@array/gender" ini temen - temen tambahkan terlebih dahulu tambahkan kode berikut di dalam file strings.xml :


Dan hasilnya akan terlihat seperti ini :


Oke mungkin cukup sampai disini, jika masih ada yang belum di mengerti dari coretan ini temen - temen dapat bertanya melalui kolom komentar. Terimakasih dan semoga sedikit coretan ini dapat bermanfaat :).

NOTE : Karena dalam coretan - coretan ini saya tidak memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai RelativeLayout, LinearLayout dan atribut - atribut yang didigunakan jadi saya harapkan temen - temen bisa mengunjungi link di bawah ini :

https://developer.android.com/guide/topics/ui/layout/relative.html

https://developer.android.com/guide/topics/ui/layout/linear.html

https://developer.android.com/reference/android/widget/ScrollView.html

Cara Menggunakan RelativeLayout dan LinearLayout di Android Studio Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pratama Ridho